Sampai hari ini, lantai 9 dan 10 Candi Borobudur telah ditutup

TRIBUNNEWS.COM-Cagar Alam Borobudur (BKB) akan membatasi akses ke lantai 9 dan 10 Candi Borobudur mulai Kamis (13/2/2020) hingga batas waktu yang tidak ditentukan.- — Pembatasan ini Dalam kerangka tersebut, BKB akan melakukan kegiatan pengawasan pada struktur stupa atap Borobudur dan stupa utama.-Menurut siaran pers yang diterima oleh Kompas.com pada Kamis (13 Desember 2020), BKB akan melakukan kegiatan pengawasan Ini termasuk pemantauan pemeliharaan batu, pemantauan stabilitas struktural, pemantauan dampak akses, dan pemantauan kerusakan Stupa Nat Batu dari struktur utama Stupa.

Selain itu, pembatasan akses juga telah diadopsi dalam gerakan perlindungan Borobudur.

BKB menunjukkan bahwa di teras lantai 8, 9 dan 10, ditemukan bahwa perilaku pengunjung tidak kondusif untuk pelestarian. Candi Borobudur .

Yudi Suhartono, kepala cadangan BKB, disebutkan dalam pernyataan beberapa tindakan wisatawan yang mengancam pelestarian candi. — “Perilaku ini termasuk duduk atau memanjat tepi tembok candi, stupa, grafiti atau vandalisme, meluncur, menggali, mengikis batu candi, membuang sampah, menempel permen karet ke kuil batu, merokok dan menghancurkan Puntung rokok menghantam batu dan melompat ke stupa (Parkour), “kata Yu Di dalam siaran pers.

Selain itu, perilaku wisatawan lainnya tidak dapat mencerminkan kelestarian candi, tetapi mengandalkan relief candi dan membawa benda-benda yang dapat merusak batu atau relief tersebut. — Tidak hanya itu, gesekan sepatu pengunjung dan pasir di kaki mereka juga dapat menyebabkan tangga kuil menjadi usang.

Siaran pers mengatakan bahwa sejumlah besar wisatawan mungkin juga memiliki dampak positif dan negatif, terutama perlindungan terhadap struktur Candi Borobudur.

Leave a Comment

download game adu ayam_s128live_situs sabung ayam online