Untuk bertahan dari pandemi, acara gratis ini telah menginspirasi ribuan UMKM

Jakarta, TRIBUNNEWS.COM-Dampak pandemi Covid-19 tidak bisa dipungkiri, termasuk UMKM di Indonesia. Saat ini, penurunan penjualan dan penurunan omset untuk mendukung pembiayaan negatif seringkali menjadi tantangan bagi UMKM.

Namun, ternyata rangkaian seminar gratis yang diselenggarakan Pertamina telah menginspirasi lebih dari 2.300 UMKM untuk memberantas pandemi ini. -Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina, menjelaskan seminar dimaksud diselenggarakan secara online mulai April 2020 hingga Juli 2020 melalui BUMN Creative House (RKB) yang dikelola Pertamina di berbagai lokasi. Mitra istimewa kami. Namun dalam semangat kemajuan, program seminar kami optimalkan untuk memacu dan meningkatkan skill para UMKM agar bisa terus menjalankan usaha sendiri, ”ujarnya.

Baca: Pertamina dukung Sumut melalui Pertashop dan UMKM Capital Pemulihan ekonomi pulau.

Fajriyah mengatakan, dalam empat bulan terakhir, Pertamina telah mengadakan sekitar 30 bengkel dan mengikuti 2393 UMKM secara gratis. Tema yang dihadirkan juga berbeda, seperti di era Covid-19. Survival skill, online marketing, branding, business skill dan financial management

“Pertamina saat ini mengkoordinasikan 29 RKB. Setiap RKB dapat menyelenggarakan seminar gratis dan dapat mengikuti UMKM dari RKB lain. Oleh karena itu, peluang untuk memperoleh ilmu yang dapat diperoleh UMKM sangat luas dan dapat meningkatkan keterampilannya. Dari situ, mereka bisa mendapatkan momentum dan visi baru untuk memulai usaha di tengah pandemi ini, ”ujarnya juga:“ Acara ini menarik minat yang besar dari hadirin, seperti halnya Yayan, seorang pengusaha sayur dari Dumai. Seperti mengikuti seminar online gratis RKB Ogan Ilir, saya menggunakan materi donasi untuk mengembangkan bisnis sayuran saya. Sejujurnya, saya sudah lama menunggu pengetahuan semacam ini. Inilah semangat saya menjalankan bisnis yang lebih baik. Tentang manajemen bisnis.

Baca: Menteri Koperasi: Banyak UMKM yang keliru meyakini Dana PEN dikelola oleh Kementerian Pemerintah. Melalui pelatihan ini, saya menjadi lebih antusias dalam mengembangkan bisnis. Terima kasih RKB Pertamina khususnya RKB Pertamina Berau atas bimbingan dan bantuannya. Ia mengatakan: “Alhamdulillah beruntung banget.” Senada dengan itu, Mega Lusiyana, pengusaha UMKM dari Situbondo, hadir dalam seminar kerjasama UMKM. Saya tahu cara berkolaborasi dengan rekan-rekan saya di UMKM dan saya ingin segera melakukannya. Ia mengatakan dengan antusias-perlu diketahui bahwa program kemitraan Pertamina bertujuan untuk membantu UMKM Indonesia mengembangkan bisnisnya. Membantu dalam memberikan dana kepada perusahaan, tetapi juga memberikan bantuan kepada perusahaan, misalnya dari workshop, publikasi hingga kegiatan promosi, seperti pameran yang diadakan di dalam dan luar negeri.

Program kemitraan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk maju mengikuti perkembangan zaman dan giat bangsa Indonesia. Anda dapat menemukan informasi tentang menjadi mitra UMKM Pertamina di website Pertamina https://pertamina.com/id/program-kemitraan, atau hubungi Pertamina 1500000. **

Leave a Comment

download game adu ayam_s128live_situs sabung ayam online