Gara-gara korona, omzet usaha kecil turun 70%. Apa yang harus dilakukan pemerintah?

Jakarta TRIBUNNEWS.COM – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menyatakan bahwa pandemi virus korona di Indonesia telah mempengaruhi sektor ekonomi, terutama di Jakarta. Ini adalah efek yang paling jelas. Kalla mengungkapkan bahwa karena penurunan omset 70% sejak minggu lalu, terutama di Jakarta dan Bali, omset telah turun 70%, dan para pengusaha di milenium dan industri perabotan rumah berteriak. Dia berkata: “Ini adalah virus, sehingga cuacanya tidak dapat diprediksi. Bagi UKM, masalah terbesar adalah momentum Ramadhan dan Idul Fitri, yang merupakan momen emas bagi sebagian besar pengusaha muda.” SME & Start-Up Bagian 8 HIPMI Jaya Presiden dan CEO Titik Temu Coffee menambahkan bahwa jika situasi ini masih ada atau mungkin terjadi, itu akan mempengaruhi UKM, terutama industri ritel.

“Karena kami tidak memiliki fleksibilitas dalam perputaran uang tunai. Hampir pasti bahwa akan ada PHK dan kami tidak dapat membayar THR. Oleh karena itu, kami berharap bahwa pemerintah pusat dan daerah dapat memberikan kebijakan langsung yang memiliki dampak positif pada UKM,” katanya.

Diatce mengungkapkan banyak saran untuk pengusaha UKM di organisasinya. Saran kepada pemerintah antara lain memberikan pinjaman darurat, libur PB1 PPH21 (seperti manufaktur), tenggang waktu enam bulan bank, yang membantu mengurangi beban operasional harian usaha kecil dan menengah (seperti gas alam, air dan listrik), dan Jika memungkinkan, mobilisasi usaha kecil menengah dan besar untuk melaksanakan proyek-proyek penanggulangan COVID-19 baik dari pemerintah, BUMN maupun daerah.

“Proposal ini bertujuan untuk melanjutkan momentum belanja hingga Lebaran, karena sebagian besar UKM tergantung pada waktu Ramadhan dan Idul Fitri tahun depan. Lebih penting lagi, kami berharap bahwa pemerintah akan melakukan intervensi pada sisi permintaan karena Secara komunitas, mereka tidak mampu membelinya, yang tidak ada artinya.

Leave a Comment

download game adu ayam_s128live_situs sabung ayam online