Mengoptimalkan peran masyarakat dalam pemberdayaan UMKM

TRIBUNNEWS.COM-Manusia bergantung pada manusia lain, sehingga berada dalam satu kelompok yang bisa saling melengkapi. Layaknya perusahaan, berkembangnya bisnis ini dikarenakan adanya hubungan positif antara perusahaan itu sendiri, konsumen, mentor, dan perusahaan lain yang berkumpul dalam komunitas untuk saling berbagi. — Anggota komunitas dapat memberikan banyak manfaat dan dampak yang sangat besar bagi bisnis. Komunitas dapat memberikan kesempatan untuk bertemu dengan para profesional, menemukan kolega dengan minat yang sama, menjalin kemitraan, atau mencari mentor untuk memandu pengembangan bisnis.

Komunitas bisa menjadi wadah untuk berbagi dan bertukar pikiran. ‘Ide untuk mempromosikan perkembangan bisnis semua orang. Namun di segala zaman teknologi digital, apakah kehadiran komunitas masih penting untuk pertumbuhan bisnis?

Pada tanggal 16 Desember 2020 APINDO UMKM AKADEMI baru saja membahas tentang komunitas UMKM yang topiknya terangkum dalam webinar, topiknya adalah mengoptimalkan peran masyarakat dalam pemberdayaan UMKM. Pembicara yang hadir antara lain adalah brand activist Arto Biantoro, founder brand adventure Indonesia, Adisti Chandra dan partner Instellar Impact Advisory, serta Sahabat UMKM dari Faisal Hasan Basri Sekertarias. Dipertahankan dan dibarengi dengan angka, pertumbuhan usaha kecil, menengah dan mikro saat ini akan hilang. Menurutnya, ada lima masalah besar di UKM Indonesia yang perlu dipandu untuk dicari solusinya bersama, antara lain permodalan, manajemen, teknologi, pemasaran, dan jaringan. Faisal juga menjelaskan beberapa manfaat penting UMKM bergabung dengan masyarakat. Selain memperluas jaringan, komunitas UMKM juga dapat memperluas wawasan, meningkatkan kepercayaan bisnis dan membuka akses pasar, UMKM lainnya mungkin juga membutuhkan produk kami.

Selain Faisal, Adisti Chandra juga berbagi cerita tentang Instellar yang bertujuan untuk membantu perusahaan berkembang dan memberikan dampak secara berkelanjutan dan bertanggung jawab. Instellar memiliki dua program inkubasi yaitu Rise Inc dan Remake City Jakarta yang keduanya memprioritaskan perusahaan yang berdampak pada proses rekrutmen. Di sisi lain, pengaruh merupakan satu kesatuan yang harus diintegrasikan ke dalam nilai-nilai perusahaan.Menurut Arto Biantoro, penggiat merek lokal Indonesia juga praktisi dan penggiat merek lokal, ia yakin pandangannya sangat mendalam. Orang-orang di depan menyadari bahwa mereka tidak bisa sendirian. Komunitas adalah pintu pertama untuk semua yang kami inginkan dan hadapi.

Merek harus berhadapan dengan 11 disiplin ilmu yang saling terkait.Menyadari bahwa mereka tidak dapat menguasai dan menjalankan semua disiplin ilmu, Arto perlahan mulai berinteraksi dengan orang-orang dan menjalin pertemanan-pakar di bidangnya masing-masing, bekerja sama mengembangkan merek lokal terkait Berbagai rencana.

Webinar AKADEMI UMKM APINDO, tentang perannya dalam mengoptimalkan masyarakat dalam pemberdayaan UMKM, siaran lengkapnya bisa saksikan disini.

APINDO UMKM AKADEMI secara rutin menyelenggarakan webinar gratis tentang wirausaha setiap hari Rabu, mengundang pembicara dari dunia bisnis untuk berbagi pengalaman. Dalam beberapa episode ke depan, APINDO UMKM AKADEMI akan menghadirkan pembicara lain dan mengangkat tema yang tidak kalah menarik, yaitu menambah wawasan bagi pelaku UMKM agar bisa maju dan maju di kelas.

Berlangganan ke tautan di bawah ini. ly / daftarUMKM-akademi, dapatkan informasi eksklusif seputar webinar dan program UMKM lainnya yang berguna untuk perkembangan bisnis Anda. Karena waktu #UMKMNaikKelas sudah tiba

Leave a Comment

download game adu ayam_s128live_situs sabung ayam online