Penjelasan Menteri Keuangan Sri Mulyani tentang utang publik di bawah Presiden Jokowi banyak dikritik

JAKARTA TRIBUNNEWS.COM-Menteri Keuangan (Mengke) Sri Mulyani Indrawati menanggapi kritik dari semua pihak yang terlibat dalam sengketa belum lama ini terkait lonjakan utang publik Indonesia-menurut mantan presiden Bank Dunia tersebut. Surat keterangan pejabat tersebut termasuk utang luar negeri Indonesia, dan telah direncanakan terlebih dahulu untuk menyeimbangkan APBN.

Keputusan Presiden No. 72/2020 mengatur tentang rencana utang publik, termasuk penyesuaian kondisi dan rincian APBN 2020. Sri Mulyani mengkritik pihak-pihak yang mempertanyakan kebijakan utang selama masa jabatan Presiden Jokowi. Orang yang suka bicara masalah utang belakangan ini cukup mengatakan bahwa dalam Perpres 72, APBN 2020 diperkirakan defisit seperti itu, dan dananya berasal dari SBN, pinjaman, bilateral atau multilateral, ”kata Sri Mulyani (23/11/2020). ).

Lihat juga: Rizal Ramli mengkritik peningkatan utang negara pada masa pandemi Jokowi: situasinya semakin parah!

“Jadi saat kita melaksanakan Perpres, kita tidak boleh bereaksi. Sama seperti kita seperti orang tanpa rencana. Ia mengatakan, semua persoalan Perpres 72 telah dibahas dan dikomunikasikan kepada publik. -Sri Mulyani, yang juga Ketua Jurusan Ekonomi Universitas Indonesia, mencontohkan tingkat utang negara itu -19.

Seluruh belahan dunia kian meningkat akibat wabah Covid. Hal yang sama terjadi di Indonesia, ia mengatakan tingkat utang Indonesia meningkat dari 36% dari PDB menjadi 37%. Sebelumnya 30% dari PDB. Angka ini bahkan lebih rendah dari negara lain. .

“Tapi bukan berarti kita tidak waspada, tapi kita akan terus menjaga semua kondisi, hal ini agar perekonomian terus membaik, anggaran tidak akan berkurang. Kondisi tersebut tetap berkelanjutan,” kata Sri Mulyani.

Total utang pemerintah Indonesia — Total utang Indonesia sendiri tercatat 5.576,87 triliun rupee pada akhir September 2020. Dengan demikian, rasio utang publik adalah 36,41% dibandingkan PDB.

Leave a Comment

download game adu ayam_s128live_situs sabung ayam online