Mekeng: Perpu SSK tidak bisa menghilangkan independensi BI dan OJK

Anggota Panitia TRIBUNNEWS.COM-XI DPR Jakarta, Melchias Markus Mekeng mengatakan, rencana pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah (Perpu) untuk menggantikan Reformasi Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) tidak akan menghilangkan status independen Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan. (OJK).

Perpu bertujuan untuk memastikan keselarasan, konsistensi, dan saling mendukung antara kebijakan pemerintah dengan kebijakan BI dan OJK.

“Fokus penerbitan Perpu adalah BI atau OJK independen dalam pengambilan keputusan, tetapi selalu mengacu pada kebijakan ekonomi nasional,” kata Macon dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Dia menjelaskan, sebagai lembaga nasional Republik Indonesia (NKRI), BI dan OJK juga harus mendengarkan visi pemerintah dalam memulihkan dan meningkatkan perekonomian. negara.

Baca: OJK menyerukan sedikit peningkatan ketidakpastian pasar keuangan pada September 2020

Selain itu, akibat krisis Covid 19 (yang saat ini sedang terjadi), visi pemerintah adalah memulihkan perekonomian hewan yang sehat.

Jangan sampai pemerintah mengambil keputusan dan merumuskan berbagai kebijakan untuk memulihkan perekonomian, namun akan terhalang oleh ketentuan BI atau OJK. Akibatnya, meski pemulihan ekonomi belum tercapai, kemajuannya lambat. Intelijen bisnis tidak hanya harus menangani nilai moneter dan inflasi, tetapi juga harus menjadi alat yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, pertumbuhan ekonomi bukan hanya aspek finansial dari pekerjaan, tetapi juga business intelligence harus bisa berperan dalam fungsi currency-nya, ‚ÄĚjelas McCann.

Menurut mantan ketua umum partai RPD Gorka itu. Perpu menetapkan Aturan tersebut tidak berarti bahwa BI. Atau semua kebijakan OJK dapat dikenai intervensi pemerintah; BI dan OJK tetap independen dalam bekerja dan mengambil keputusan.

Namun, dalam pengambilan kebijakan atau pengambilan keputusan, kedua lembaga tersebut harus memahami pemerintah Mengembalikan objektivitas perekonomian nasional. -Kedua lembaga tersebut harus mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Leave a Comment

download game adu ayam_s128live_situs sabung ayam online