Kementerian Perindustrian mengawali pemulihan ekonomi dengan meningkatkan kualitas produk IKM

Wartawan Sanus Tribunnews.com melaporkan-Jakarta TRIBUNNEWS.COM-Kementerian Perindustrian semakin mencanangkan rencana pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) agar lebih berdaya saing global. Upaya tersebut dilakukan melalui pelaksanaan petunjuk teknis (Bimtek) sejak 24 September hingga 7 Oktober 2020 di Balai Teknologi Pencegahan Semarang (BBTPPI). -Kampanye L online bertujuan untuk mendukung pemulihan ekonomi selama pandemi Covid-19 saat ini dan meningkatkan daya saing SDM industri. : Kemenperin memprediksikan laju pertumbuhan industri kimia, farmasi dan tekstil 0% hingga 40% -Doddy Rahadi dari Kementerian Perindustrian menyinggung pentingnya menjaga standar mutu produk IKM untuk meningkatkan daya saing industri nasional. -Dodi mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap aktivitas industri kecil, menengah, dan besar. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas produk industri.

Penerapan standar merupakan elemen penting bagi industri untuk meningkatkan kualitas, efisiensi produksi, mendorong transaksi komersial dan membangun persaingan perdagangan yang adil dan transparan. “Standar sangat penting untuk pembangunan berkelanjutan karena dapat membantu negara mengembangkan ekonominya dan meningkatkan kemampuannya untuk bersaing di pasar global. Untuk itu, Kementerian Perindustrian siap membantu SMI menguji standar kualitas dan mensertifikasi produknya,” kata Doddy, Kamis (9/2). /24/2020).

Baca: Kebijakan baru pelonggaran pajak kendaraan bermotor yang diusulkan Kementerian Perindustrian merupakan tanggapan Astra Daihatsu Motor

Kepala BPPI menjelaskan bahwa salah satu langkah strategis yang diambil pemerintah adalah mengupayakan peningkatan kualitas produk dan Revitalisasi sektor industri adalah implementasi dari rencana peningkatan kapabilitas SDM IKM, salah satunya peningkatan kualitas produk.

Dengan menerapkan Bimtek, peserta akan belajar memahami penerapan sistem manajemen mutu, manajemen produksi, proses sertifikasi SNI, pengujian produk dan pemasaran digital. “Dengan menerapkan sistem manajemen mutu diharapkan konsistensi mutu produk jadi dapat terjaga. Melalui pengujian dan sertifikasi produk akan mampu meningkatkan citra IKM dan memenangkan kepercayaan pelanggan,” lanjut Doddy.

Leave a Comment

download game adu ayam_s128live_situs sabung ayam online